Info Sekolah
Rabu, 03 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi SMPN 6 Langke Rembong

MEMAKSIMALKAN PEMANFAATAN KUOTA  INTERNET  KEMENDIKBUD DENGAN AKUN  BELAJAR.ID DAN PENGAKTIFAN CANVA UNTUK PENDIDIKAN

Selasa, 11 Januari 2022 Oleh : Admin

Oleh : Filipus Jeharum,S.Pd

Pandemi  Covid 19 yang  telah mewabah sejak awal tahun 2020 membawa banyak dampak  dalam kehidupan bermasyarakat.  Wabah ini memberikan pelajaran berharga kepada kita semua untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.  Hampir seluruh bidang kehidupan terkena dampak wabah ini.  Salah satu bidang yang paling merasakan dampaknya  adalah dunia pendidikan.  Proses pembelajaran terpaksa kita jalani dari rumah agar terhindar dari wabah ini.

Pembelajaran dalam jaringan memaksa para guru dan murid untuk menguasai perangkat teknologi saat pembelajaran berlangsung misalnya penggunaan laptop, komputer dan gawai serta berbagai aplikasi dalam proses pembelajaran.  Sejak pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan, pemerintah Indonesia dalam hal ini kementerian pendidikan telah meresmikan kebijakan bantuan kuota data  internet bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen. Selain itu pemerintah juga meluncurkan akun  pembelajaran belajar.id untuk meningkatkan akses layanan pembelajaran.

Kuota Data Internet Kemendikbud

Kuota data internet Kemendikbud bisa kita gunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali Twitter, Instagram, Facebook, dan Tiktok. Untuk saat ini kuota internet sudah bisa kita gunakan untuk mengakses YouTube. Nah pertanyaanya adalah apakah adik-adik sudah menggunakan kuota data ini secara maksimal menggunakan akun belajar.id, atau hanya menggunakan akun email biasa? Akun pembelajaran yang kita gunakan sudah dalam bentuk akun google dengan domain belajar.id. Selain bebas biaya, akun pembelajaran juga dapat mengakses beragam aplikasi pendukung pembelajaran dalam Google Workspace for Education, yang sekarang sudah banyak digunakan publik.

Seperti yang dikutip dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, manfaat dari penggunaan akun belajar.id diantaranya: 

  1. Memudahkan kolaborasi antara Kepala Sekolah/admin, guru dan peserta didik
  2. Keamanan akun yang semakin meningkat
  3. Memberi kemudahan kepada guru dan siswa untuk memakai aplikasi-aplikasi yang ada pada google bila telah mengaktifkan akun belajar.id
  4. Memberikan space penyimpanan data bagi admin, guru, dan siswa dengan kapasitas yang tidak terbatas.
  5. Memudahkan siswa dan guru dalam menggunakan aplikasi Google Meet karena pada aplikasi Google Classroom sudah ada dalam setiap kelas yang dibuat.

Canva Untuk Pendidikan

Selain beberapa manfaat tersebut, ada satu aplikasi yang mungkin kita semua belum mengunakannya selama ini yaitu aplikasi canva.  Aplikasi ini bukanlah hal baru pengguna komputer khususnya mereka yang gemar membuat desain dengan instan. Namun saat itu tidak semua fiturnya dapat di akses karena adanya fitur premium/berbayar. Berbayar? Tidak untuk para akademisi. Kabar baik bagi dunia pendidikan bahwa Canva meluncurkan sebuah program yakni canva untuk pendidikan.

Canva merupakan aplikasi desain yang nantinya dapat kita manfaatkan untuk mendesain komik, poster kegiatan, undangan, kartu ucapan dan yang lainnya. Untuk pendidik aplikasi canva ini bermanfaat untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan kreatif. Sedangkan bagi para siswa bisa belajar desain tugas-tugas berupa foto dan video yang lebih menarik. Saat ini  Canva memberikan fitur premium atau fitur gratisnya kepada setiap pendidik maupun siswa yang telah memiliki akun email belajar.id. Guru maupun siswa dapat menggunakan akun belajar.id untuk mendapatkan hak akses premium tentu saja dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.  Bagaimana cara mengaktifkannya? Silahkan baca buletin sekolah “AKSI” SMP Negeri 6 Langke Rembong ya..

Pada kenyataanya, masih banyak pendidik dan juga siswa-siswi yang tidak memanfaatkan bantuan kuota kemendikbud ini untuk belajar. Ada yang menggunakannya untuk menonton film, main game sepuasnya, serta hal lain yang kurang bermanfaat. Dengan adanya bantuan kuota data internet oleh pemerintah, kita harus bisa memanfaatkan data internet ini secara maksimal dalam proses pembelajaran.  Pemerintah sudah berupaya memajukan pendidikan di negeri ini, oleh sebab itu mari kita sambut program – program yang mendukung pembelajaran kita selama masa pandemi ini dengan memanfaatkan program tersebut secara maksimal. (*)

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
LINK PENILAIAN AKHIR SEMESTER DAN SUMATIF AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2023-2024 SMP NEGERI 6 LANGKE REMBONG
NO   HARI/ TANGGAL   WAKTU   MATA PELAJARAN   KELAS IX KELAS VIII KELAS..
Diterbitkan :
LINK UJIAN SEKOLAH (US) TAHUN PELAJARAN 2023-2024 SMP NEGERI 6 LANGKE REMBONG
NO   HARI/ TANGGAL   WAKTU   MATA PELAJARAN   KETERANGAN     1  ..
Diterbitkan :
PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS SMP NEGERI 6 LANGKE REMBONG PERIODE 2023-2024
Kamu akan disebut baru dan berhasil, hanya bila cara-cara tersebut baru dan sukses memberikan hasil. Mari..

Agenda

10
Jun 2024
13
Jun 2022
19
Apr 2022
waktu : 08:00

Info Sekolah

UPTD SMPN 6 LANGKE REMBONG

NSPN : 69876170
Leda, Kelurahan Bangka Leda, Kec. Langke Rembong, Kab. Manggarai,NTT
TELEPON 085205596924
EMAIL smp6langkerembong@gmail.com
WHATSAPP +62-85205596924